Tema Hari AIDS Sedunia 2011


Jujur saja tulisan ini bukan untuk mengantarkan anda ke pemahaman yang lebih baik terhadap tema yang diangkat aktivis peduli AIDS dalam memperingati Hari AIDS Sedunia tahun ini, yang akan diperingati sepuluh hari lagi, tepatnya 1 Desember 2011. Melainkan cerita tentang ketidaktahuanku mengenai arah pengertian yang disuguhkan seorang teman.

Ceritanya begini, siang ini dalam bincang-bincang dengan seorang teman yang terlibat dalam kepanitiaan peringatan hari AIDS sedunia di kotaku, sang teman menanyakan apa tema hari AIDS sedunia tahun ini, untuk keperluan pembuatan surat undangan rapat koordinasi antara Panitia dan jajaran terkait. Yang menurut beliau, sudah mengetahuinya tapi lupa. Biasanya untuk hal-hal yang kurang kupahami semacam ini, solusinya hanyalah melalui kotak pencarian di Google.co.id, namun kali ini aku tak bisa memberikan jawaban, karena sampai lima halaman penelusuran aku tak menemukan apa yang dimaksud oleh temanku itu.

DOWNLOAD GRATIS Buku Panduan Peringatan Hari AIDS Sedunia 2011

Akhirnya, justru melalui ‘searching’ di dalam tasnya, temanku menemukan secarik kertas dari kepanitiaan serupa di tempat lain, diatasnya tertera “Getting to Zero” “Safety Reading and Safety Life”, disanalah kebingunganku bermula. Entah karena bahasa Inggris-ku minimalis, atau karena kesalahan orang yang membuatnya. Namun sang teman memberikan satu keyword, ‘keselamatan di jalan raya’ yang membuatku menyarankan untuk merubah kalimat itu dengan seperti yang tertera dalam gambar berikut.

Klik pada gambar untuk memperjelas tampilannya

Begitulah, karena hanya berbekal informasi dari seorang teman, aku masih menyisakan satu pertanyaan. “Apa hubungan pencegahan AIDS dengan keselamatan berkendara? Ataukah karena lebih banyak orang yang mati karena kecelakaan lalu lintas daripada yang terinfeksi AIDS, maka lahir tema untuk daerah itu :

Getting to Zero,

Safety Riding and Safety Life

Entahlah. Yang jelas semenjak pertama kalinya Hari AIDS Sedunia diperingati, setelah ide yang dicetuskan pada Agustus 1987 oleh James W. Bunn dan Thomas Netter, dua pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global di Organisasi Kesehatan Sedunia di Geneva, Swiss disampaikan kepada Dr. Jonathan Mann, Direktur Program AIDS Global (kini dikenal sebagai UNAIDS) yang menyukai konsepnya, menyetujuinya, dan sepakat dengan rekomendasi bahwa peringatan pertama Hari AIDS Sedunia akan diselenggarakan pada 1 Desember 1988. Setiap tahun selalu ditetapkan sebuah tema untuk peringatan tersebut.

Demikian juga halnya di Indonesia, untuk peringatan tahun ini Panitia Nasional yang diketuai oleh Menakertrans Muhaimin Iskandar telah menyebarkan Buku Panduan Pelaksanaan Peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) 2011 (yang bisa didownload disini), mensosialisasikan bahwa tema HAS 2011 di Indonesia adalah “Lindungi Pekerja dan Dunia Usaha Dari HIV dan AIDS”, dengan Sub-Tema: “Penanggulangan HIVdan AIDS di Tempat Kerja sebagai bagian dari Peningkatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja”, serta Slogan untuk kampanye adalah : ”STOP HIV dan AIDS, Hapuskan Stigma dan Diskriminasi di Dunia Kerja”.

Untuk sekedar referensi, berikut tema-tema yang diangkat dalam setiap peringatan Hari AIDS Sedunia sejak tahun 1988 sampai tahun 2010.

1988

Komunikasi

1989

Pemuda

1990

Wanita dan AIDS

1991

Berbagi Tantangan

1992

Komitmen Masyarakat

1993

Saatnya Beraksi

1994

AIDS dan Keluarga

1995

Hak Bersama, Tanggung jawab Bersama

1996

Satu Dunia. Satu Harapan

1997

Anak-anak yang Hidup dalam Dunia dengan AIDS

1998

Kekuatan Menuju Perubahan: Kampanye AIDS Sedunia Bersama Orang Muda

1999

Dengarkan, Pelajari, Hidupi: Kampanye AIDS Sedunia dengan Anak-anak dan Orang Muda

2000

AIDS: Laki-laki Menciptakan Perbedaan

2001

Aku Peduli. Bagaimana dengan Anda?

2002

Stigma dan Diskriminasi

2003

Stigma dan Diskriminasi

2004

Perempuan, Gadis, HIV dan AIDS

2005

Hentikan AIDS. Jaga Janjinya

2006

Hentikan AIDS. Jaga Janjinya – Akuntabilitas

2007

Hentikan AIDS. Jaga Janjinya – Kepemimpinan

2008

Hentikan AIDS. Jaga Janjinya – Pimpin – Berdayakan – Berikan

2009

Hentikan AIDS. Jaga Janjinya – Akses Universal dan Hak Asasi Manusia

2010

Hak untuk Kesehatan, Hentikan AIDS

DOWNLOAD GRATIS Buku Panduan Peringatan Hari AIDS Sedunia 2011

Gambarnya punyanya


Jika Anda Menyukai Artikel ini Mohon KLIK DISINI dan sebarkan pada yang lain melalui jejaring di bawah ini

Iklan

1 Komentar

Filed under Kesehatan

One response to “Tema Hari AIDS Sedunia 2011

  1. Ping-balik: Hari AIDS Sedunia 2011 « Pasarbogor.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s