FIFA World Cup 2010 : Warga Korea Utara Dukung Korea Selatan


Warga Korea Utara turut bersorak gembira saat negeri tetangganya Korea Selatan memenangkan pertandingan perdana melawan Yunani, meskipun kedua negara tengah dilanda ketegangan. Demikian dilaporkan surat kabar pro-Pyongyang.

“Pertandingan Korsel melawan Yunani telah menyita perhatian besar warga Korut,” kata Sinbo Chosun, yang diterbitkan di Tokyo. “Penduduk Pyongyang, tanpa pengecualian, bersorak untuk tim Korea Selatan.” Korea Selatan nyaman mengalahkan Yunani 2-0 di pertandingan grup pertama mereka pada hari Sabtu.

Korea Utara, yang memiliki kualifikasi untuk pertama kalinya dalam 44 tahun, bertemu Brasil malam nanti. Korea Utara hanya mendapatkan tayangan tunda Piala Dunia pada stasiun televisi resmi, karena gagal mendapatkan hak siar.

Chosun Sinbo, yang biasanya mencerminkan pemikiran resmi pemerintah komunis itu, mengatakan bahwa rakyat Korut terpaku di depan televisi sambil menonton permainan Park Ji-Sung dkk menghadapi mantan juara Euro 2004 itu. “Siapa yang ingin melihat bangsa dengan garis keturunan yang sama kalah?” tulis koran itu mengutip salah seorang warga Korut. “Apa yang kita benci bukanlah orang-orang Korea Selatan,” tetapi pemerintah konservatif mereka.

Hubungan kedua negara tersebut memang senantiasa memanas. Terakhir, Korsel menuduh Korut berada di belakang tenggelamnya salah satu kapal perang Korsel pada bulan Maret lalu. Namun Korea Utara menyangkal keterlibatan itu dan mengatakan bahwa pembalasan Seoul bisa memicu perang.

Stasiun TV Korsel, SB, mengatakan, ia memiliki hak penyiaran Piala Dunia untuk seluruh semenanjung, namun gagal mencapai kesepakatan dengan Korea Utara.

Kantor Berita Korea Selatan Yonhap melaporkan hari Selasa dari Afrika Selatan, FIFA telah menandatangani kesepakatan untuk mencoba menayangkan permainan secara langsung di Korea Utara. (Antara)

Tinggalkan komentar

Filed under Olahraga

Tinggalkan komentar