H. Marjohan


Sekelumit Tentang Buya Marjohan

Drs. H. Marjohan, MM kelahiran Batu Basa – Kecamatan Pariangan Tanah Datar pada 1959 – dari pasangan Bachtaruddin (Allahu yarham) dan Nursiah. Menamatkan SD  pada 1974. Kemudian nyantri di Thawalib Tanjung Limau–Simabur, tamat 1980. Lalu, melanjutkan studi ke Fakultas Dakwah IAIN Imam Bonjol Padang, tamat pada 1986. Masih hangat menyandang prediket doktorandus – mengakhiri  masa lajang – mempersunting  teman se-almamater/se-organisasi : Dra. Asri Suherti asal Taratak Galundi Alahan Panjang Solok. Kini, pasangan cukup kafa’ah ini dikurniai tiga anak : Arief Prima Johan, Ahmad Fariq Al Faruqi dan Aldo Ahmad Fithra. Dan, pada 2005 menamatkan pendidikan jenjang S2 di Universitas Negeri Padang (UNP) – konsentrasi  Manajemen SDM. Sekarang sedang kuliah pada Program Doktor UII Yogyakarta.

Usai kuliah (S1), mengajar di STM Muhammadiyah Simpang Haru Padang (1987–1989). Bersamaan dengan itu, mengajar di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat/ UMSB (1987–1992). Di Perguruan Tinggi yang sama tahun 1990–1992, dipercaya sebagai Pembantu Dekan IV/ Koordinator Ke-Muhammadiyahan di Fakultas Syari’ah– dipimpin Allahu yarham Prof. Dr. M. Sanusi Latief.

Dalam dunia organisasi, anak ke-4 dari 8 orang bersaudara ini menapak dari tangga paling bawah : Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Dakwah (1983–1985), Wakil Ketua Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat Shalahuddin Al Ayyubi (1983–1985), Wakil Ketua IMM Cabang Padang (1984 – 1986), Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Padang (1987–1990), Ketua Litbang Majlis Tabligh PD Muhammadiyah Padang (1986–1990). Dan, pada Muswil Muhammadiyah ke-36 di Padang – diamanahi    sebagai Sekretaris PW Muhammadiyah Sumbar (1990 – 1995). Masih di persyerikatan Muhammadiyah, pernah pula menjabat Sekretaris Muhammadiyah Pasaman (1995 – 2000). Kini, cukup aktif sebagai Penasehat PD Muhammadiyah Pasaman periode  2005-2010. Sebelumnya, menjabat  Wakil Ketua di organisasi yang sama selama lima tahun.

Dalam tulis-menulis (dakwatu bi al-kitabah), pengagum Hamka, M. Natsir dan Syafii Maarif ini – sejak 1987 cukup aktif menulis di beberapa media terbitan Jakarta dan Yogyakarta. Sebut saja  Panjimas, Media Dakwah, Amanah, Suara Muhammadiyah dan Harian Pelita. Sedang pada media daerah – kerap nongol di Singgalang, Padang Ekspres – sesekali di Harian Haluan.

Secara teoritis ke-ilmuan, pada 1989 mengikuti Diklat Jurnalistik Tingkat Nasional di Jakarta – digelar PP Muhammadiyah. Tanpa berpretensi mencatut nama orang besar untuk legitimasi diri – di ajang diklat dapat menyauk secuil ilmu dan motivasi  dari penulis-penulis beken seperti : Dr. H. Rosihan Anwar, Dr. Fachri Ali, Drs. Lukman Harun, Drs. Rusydi Hamka, Dr. Alwi Dahlan dll. Sementara  berbentuk buku, pernah menulis : Islam Kontekstual Pergumulan Antara Cita dan Realita (2004);   Muhammadiyah, Antara Idealisme & Pragmatisme (2006); Menggugah Sebongkah Nurani (2007); Nilai dan Hikmah Ibadah Puasa (2007); dan editor untuk buku Gerakan Paderi, Pahlawan dan Dendam Sejarah (2009).

Bersama Drs. H. RB. Khatib Pahlawan Kayo, Drs. H. Adi Bermasa dan AA. Ranasti melahirkan buku, Muhammadiyah dari Masa ke Masa di Sumatera Barat (1990). Masih bersama kawan dalam satu tim : Sutan Zaili Asril, Drs. H. RB. Khatib Pahlawan Kayo, Drs. H. Adi Bermasa dan Drs. H. Shofwan Karim Elha, MA meluncurkan buku bertajuk : Menyemangati Kembali Peran  Muhammadiyah di Minangkabau dan Profil Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif (2000). Masih bersama Sutan Zaili Asril – ditambah  Two Efly, Ahmad Zuber dan Tafdhil pernah pula merakit buku spesifik : Biografi H.Taufik Martha (Bupati Pasaman 1990–2000). Kecuali itu, ikut sebagai tim penulis – bersama Drs. H. Lukmanul Hakim, Oma, R dll dalam buku “Data dan Fakta” (ihwal kristenisasi di Indonesia) – diterbitkan PP Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) pada 1991 di Jakarta. Satu lagi, bersama Musriadi Musanif dan Zuhasni Hasan – menulis buku : Embrio Muhammadiyah – Ada di Kauman Padang Panjang – diluncurkan pada Milad Kauman Padang Panjang ke-80, 2 Juli 2006.

Sedang dalam konteks dakwah bil lisan atau tabligh, Marjohan hingga kini masih aktif “mengaji” dari masjid ke masjid. Pada 2001, sempat berkunjung ke Thailand dalam sebuah Seminar Al Qur’an, dan Official Haflatul Qur’an tingkat ASEAN plus 4 Negara Timur Tengah : Irak, Iran, Turki dan Saudi Arabia. Di Negara Gajah Putih itu pula, atas prakarsa KBRI setempat berkesempatan mengaji di komunitas Islam di beberapa propinsi bagian selatan – yang secara kultural kebanyakan berasal dari “puak” Melayu.

Terhitung Juni 1992, hijrah ke Lubuk Sikaping Pasaman – bekerja sebagai PNS. Di kota berhawa sejuk itu, pernah menjabat Kasubag Agama Pendidikan dan Kebudayaan  Kantor Bupati setempat (1993), Kabid Pendidikan pada BP-7 (1998), Kabag Humas (1999), Kabag Kesra (2001). Terhitung Agustus 2002 mutasi ke Kabag Risalah Sekretariat DPRD. Pada 2005, kembali menjabat Kabag Kesra. Dan, pada awal 2006 mutasi lagi ke Kabid Bina Organisasi dan Bantuan Sosial pada Dinas Sosnaker Pasaman. Pada 2007 menjabat sebagai Kabid PSDA & TTG di Dinas Pemberdayaan Masyarakat, dan terhitung  awal 2008 dipercayai sebagai Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pasaman Sumatera Barat.

Sebagian Hasil Dakwatu bi al-Kitabah
(Yang tersebar di media massa lokal dan nasional, juga buku-buku)


Jika Anda Menyukai Halaman ini Mohon KLIK DISINI dan sebarkan pada yang lain melalui jejaring di bawah ini.

8 responses to “H. Marjohan

  1. Ping-balik: Pelajaran Bagi Umat Islam dari Novelis Murtad Salman Rushdie | Elsaelsi's Blog

  2. Yth. Buya Marjohan.
    Asswr. Saya Drs. Fuad, cucu ke-lima dari anak pertama Buya Oedin yakni ibunda Saadah. Ananda mendengar Buya Udin pernah menjadi salah seorang. mantan pengurus PWM Sumatera Barat. Saat ini ananda sedang menghimpun bahan untuk membuat Biografi tentang Beliau dan memiliki beberapa rujukan seperti Biografi Buya Tuo karangan RB Khatib Pahlawan Kayo dan Bakhtiar, 70 tahun Buya Hamka dan Muhammadiyah di Minangkabau. Membaca selintas mengenai tulisan Buya tentang Muhammadiyah dari masa ke masa di Sumatera Barat, saya sangat yakin pasti ada menyinggung tentang alm. Buya Oedin. Ananda sangat berharap kiranya anada dapat memiliki buku2 tersebut dan tulisan tentang alm. Buya Oedin sejauh yang buya ketahui dan Buya miliki. Demikian juga harapan yang sama Ananda kirimkan ke Buya RB Khatib Pahlawan Kayo. Mudah-mudahan apa yang menjadi harapan Buya Oedin ke saya yang pernah mengharapan saya menulis biografi Beliau dapat terwujud.
    Demikian harapan ananda. Wass Drs. Fuad Afsar Saadah oedin
    Hp. 081375636087-083197020493

  3. Ping-balik: Akhirnya Iran Berhasil Mengalahkan Amerika | www.elsaelsi.com

  4. Ping-balik: Manusia Telah Menghancurkan Bumi Secara Perlahan | www.elsaelsi.com

  5. Ping-balik: Renungan Hari Pendidikan : Menjadikan Perguruan Tinggi Swasta Lebih Baik | www.elsaelsi.com

  6. Ping-balik: Perguruan Tinggi yang Dibutuhkan Masyarakat | www.elsaelsi.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s