11-11-11-11


Seberapa pentingnya sebuah hari, tak akan pernah berarti jika tak dimaknai oleh manusianya. Semisal hari ulang tahun, hari valentine, tahun baru, ulang tahun kemerdekaan, hari raya keagamaan dan hari-hari penting lainnya akan berlalu begitu saja, andaikan tidak ada orang yang melakukan kegiatan sehubungan dengan hari tersebut.

Hari ini orang dihebohkan dengan kehadiran tanggal cantik: 11 Nopember 2011. Yang jika ditulis dengan angka semua akan membentuk enam angka yang sama, 11-11-11. Dari jauh hari sudah banyak perencanaan orang-orang untuk menyambutnya. Sehingga aku pun kebingungan mau melakukan apa untuk mematrikan sedikit makna pada tanggal yang hanya akan berulang dalam siklus seratus tahun sekali itu. Ada tetanggaku yang memilih mengucapkan ikrar nikah pada hari ini, yang tentu saja tak bisa pula aku menirunya, karena aku sudah punya isteri. Ada juga orang yang melahirkan bayi di rumah sakit dan langsung menjadi bahan pemberitaan, tapi tak mungkin aku akan melakukan itu, karena untuk perencanaannya dibutuhkan konsepsi dalam waktu 280 hari di belakang. Jadi apa yang harus kulakukan?

Akhirnya aku teringat apa yang selalu kulakukan dulu untuk membuat suatu hari menjadi berarti, atau setidaknya bisa menjadi kenangan yang tak didapatkan dalam waktu yang lain, yaitu berkirim surat melalui pos. Karena dengan berkirim surat melalui pos akan meninggalkan jejak berupa teraan cap pos pada prangko di sebuah amplop.

Cap pos adalah tanda pengenal sebuah kantor pos yang digunakan untuk mematikan nilai prangko sebagai biaya pengiriman surat. Pada sebuah cap pos termuat nama kantor pos, tanggal, bulan, tahun dan waktu cap pos tersebut diterakan. Sehingga pada tahun 1999 yang lalu, aku pernah mendapatkan sebuah amplop berterakan cap pos dengan angka 09-09-99-09, yang artinya amplop tersebut dikirim pada tanggal sembilan bulan sembilan tahun sembilan puluh sembilan pada jam sembilan pagi.

Klik pada gambar untuk memperjelas tampilan

Hari ini aku juga melakukan hal yang sama. Tapi karena dalam saat-saat sekarang orang sudah sangat jarang yang berkirim surat melalui pos, maka aku hanya menyiapkan dua buah amplop, dibubuhkan prangko, lalu datang ke kantor pos dan minta tolong sama Pak Pos untuk diterakan cap pos 11-11-11-11, yang tentu saja Anda sudah paham maksudnya. Lalu dikirim kepada diri sendiri, beres!

Klik pada gambar untuk memperjelas tampilan

Klik pada gambar untuk memperjelas tampilan

Lalu untuk apa? Hanya untuk disimpan sebagai koleksi pribadi. Siapa tahu aku juga akan menyiapkan sebuah surat wasiat kepada ahli warisku, agar dalam waktu 100 tahun mendatang, pada tanggal 11 Nopember 2111,  ada yang bisa datang ke kantor pos yang sama, minta diterakan cap pos pada waktu yang sama. Sampai jumpa seratus tahun lagi!


Jika Anda Menyukai Artikel ini Mohon KLIK DISINI dan sebarkan pada teman-teman melalui jejaring di bawah ini.

Iklan

6 Komentar

Filed under Catatan Kecil

6 responses to “11-11-11-11

  1. feriza asmi

    kenapa harus pada cap pos?
    g’ ada cara yang lain ya?
    misalnya nembak cowek pada hari itu???
    apakah itu juga sebagai kenangan???

  2. Mantmapbro ide yg unik,,,,tp kalo saya,memberikan kado istimewa di dpan mesjid kpd kekasih q

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s