Mahalnya Sebuah Silaturahmi


Korban kecelakaan lalu lintas yang tewas selama arus mudik Lebaran 2010 sebanyak 128 jiwa. Jumlah kecelakaan lalu lintas terbesar ditempati Jawa Barat pada posisi tertinggi.

“Jumlah kecelakaan lalu lintas mulai tanggal 3 hingga 7 Oktober 2010, sebanyak 643 kasus, dengan 128 jiwa tewas, 165 jiwa luka berat dan 325 jiwa luka ringan,” kata Kepala Bidang Penerangan Umum Divisi Hubungan Masyarakat Kepolisian RI, Komisaris Besar Marwoto Soeto di Jakarta.

Menurut Marwoto, mayoritas kasus kecelakaan lalu lintas didominasi pengendara mobil pribadi dengan tempat tertinggi kecelakaan Jawa Barat, Jawa Timur, serta jalur utama, alternatif wilayah Pantai Utara (Pantura).

“Angka kriminalitas selama selama operasi Ketupat 2010 sebanyak 1.223 kasus terbanyak kejahatan konvensional, seperti pencurian dengan pemberatan dan pencurian dengan kekerasan,” kata Marwoto.

Marwoto mengatakan angka kecelakaan lalu lintas dan kejahatan tersebut dihimpun dari enam kepolisian daerah yang masuk Rabu sore yakni Lampung, Banten, Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Timur, dan Bali.

“Titik rawan kejahatan pada arus mudik stasiun, terminal, bandara dan pelabuhan,” kata Marwoto.

Kepolisian RI mengerahkan 89.521 personel pada operasi Ketupat 2010 dengan 2.592 pos pengamanan di seluruh Indonesia digelar selama 16 hari, mulai tanggal 3 sampai 18 September.

Posko pengamanan berdiri pada titik yang memiliki potensi kerawanan kecelakaan lalu lintas dan kriminalitas.

Pada operasi kali ini, sesuai dinamika di lapangan ada enam polda yang melakukan penambahan khusus personel dari Brigade Mobil (Brimob), di luar kekuatan personel yang ada pada masing-masing polda pada daerah-daerah kerawanan yang cukup tinggi.

Adapun enam polda yang menggunakan personel brimob antara 50 hingga 60 personel Brimob adalah Lampung, Banten, Metro Jaya, Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Dicopas dari TEMPO Interaktif

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Lalulintas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s