Sertifikasi Guru 2012


Postingan ini kuturunkan untuk penyebaran informasi  awal sertifikasi guru 2012, meliputi daftar peserta bakal calon dan persyaratan sebagai bakal calon peserta sertifikasi guru tahun 2012 sesuai database NUPTK per tanggal 30 September 2011

Untuk mengetahui apakah Anda sudah masuk Daftar Layak Calon Peserta Sertifikasi Guru 2012 dapat dilihat melalui tautan berikut:

Dengan melakukan klik pada tautan di atas, anda akan diantar ke sebuah halaman pada situs Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan seperti di bawah ini.

Klik pada gambar untuk memperjelas tampilan

Kemudian isikan nama provinsi tempat tugas anda pada kotak bertanda Provinsi (dalam gambar berikut telah kutandai dengan lingkaran merah nomor 1), dengan melakukan klik pada panah ke bawah di sampingnya (pada lingkaran merah nomor 2), lalu isikan nama kabupaten/kota anda pada kotak bertanda Kab./Kota dengan cara yang sama (lingkaran merah nomor 3), terakhir klik Tampilkan (lingkaran merah nomor 4) maka akan ditampilan nama-nama bakal calon peserta sertifikasi 2012.

Klik pada gambar untuk memperjelas tampilannya

PERSYARATAN

  1. Guru yang masih aktif mengajar di sekolah di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

  2. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang terakreditasi atau minimal memiliki izin penyelenggaraan.

  3. Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas dengan ketentuan:
    • bagi pengawas satuan pendidikan selain dari guru yang diangkat sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru (1 Desember 2008), atau

    • bagi pengawas selain dari guru yang diangkat setelah berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru harus pernah memiliki pengalaman formal sebagai guru.

  4. Guru bukan PNS pada sekolah swasta yang memiliki SK sebagai guru tetap dari penyelenggara pendidikan (guru tetap yayasan), sedangkan guru bukan PNS pada sekolah negeri harus memiliki SK pengangkatan sebagai guru dari Bupati/Walikota atau dinas pendidikan provinsi/ kabupaten/kota.

  5. sudah menjadi guru pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ditetapkan (30 Desember 2005).

  6. Pada tanggal 1 Januari 2013 belum memasuki usia 60 tahun.
  7. Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).
  8. Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang BELUM memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV apabila:

    • pada 1 Januari 2012 sudah mencapai usia 50 tahun dan mempunyai pengalaman kerja 20 tahun sebagai guru, atau

    • mempunyai golongan IV/a atau memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/a (dibuktikan dengan SK kenaikan pangkat).

Daftar calon peserta sertifikasi guru tersebut diurutkan berdasar kriteria berturut turut usia, masa kerja, dan golongan.

Jika data diri Anda belum tertera dalam daftar layak calon peserta padahal sudah memenuhi syarat, anda dapat melakukan pengecekan dan perbaikan data ke dinas pendidikan kabupaten/kota setempat, dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini

PROSEDUR PERBAIKAN DATA NUPTK

  • Guru membawa salinan dokumen sebagai bukti fisik perbaikan data ke dinas pendidikan setempat

  • Dinas pendidikan kabupaten/kota melakukan perbaikan database NUPTK guru tersebut dan mengirimkan salinan dokumen tersebut ke LPMP

  • LPMP melakukan persetujuan (approval) terhadap perbaikan data tersebut berdasarkan salinan dokumen yang dikirim oleh dinas kabupaten/kota.

Perbaikan data NUPTK untuk pelaksanaan sertifikasi guru 2012 berakhir pada tanggal 1 Desember 2011.

DAFTAR NAMA CALON PESERTA SERTIFIKASI GURU 2012

PENGUMUMAN UJIAN KOMPETENSI AWAL SERTIFIKASI GURU 2012

Download Panduan Sertifikasi Guru :

Informasi Sertifikasi Guru Paling Banyak Dibaca :

Sumber Info DISINI


Jika Anda Menyukai Informasi ini Mohon KLIK DISINI dan sebarkan pada yang lain melalui jejaring di bawah ini

28 Komentar

Filed under Sertifikasi Guru

28 responses to “Sertifikasi Guru 2012

  1. DESTIYA RAHAYU NINGSIH

    Pak, hasil Plpg rayon 105 Unri angkatan 4 dan 6 apa sudah keluar? mohon informasinya pak.. Terima Kasih…

  2. bakuniah

    iya pak……. kapan ya?

  3. IB Manuaba

    sistem online dalam penyaringan guru yang layak disertifikasi sangat baik dalam upaya menghindari permainanan di tingkat bawah.Hanya saja unyuk guru dusia diatas 5 tahun perlu ditiadakan ujian tulis/ujian kompetensi.Berikan sertifikasi otomatis sehingga lebih mansiawi.

  4. Ping-balik: SERTIFIKASI GURU « wahyunurjaman

  5. darmansyah

    askum dan selamat siang pak, plpg sertifikasi guru rayon 105 unri gelombang ke 8 kok belum keluar pak informaasinya, dimana ya saya bisa elihat hasil gelombang ke 8 dgn cepat pak. mohon solusinya pak.

  6. tri agustin.spdi

    TRI AGUSTIN
    18 november 2011
    Askum dan selamat siang pak saya mau tanya nama saya sudah masuk data bace tp knp ko’ blm ada panggilan,padahal teman”saya semua dah lolos knp saya ko’blm?mohon konfirmasinya.terima kasih.

  7. jhon warjono

    Pak kalau gak lulus plpg 2011 bisa masuk daftar sertifkasi 2012 tidak?

  8. agusckp2008

    pa saya sedang mencari informasi sertifikasi, tapi saya ga bisa kases

  9. agusckp2008

    daftar calon sertifikasi guru belum ada?????

  10. om jin

    Ass…Informiasi hasil PLPG UIN Malang belum keluar ya Pak… makasih

  11. sumitro

    kapan yaa pak pengumuman dari rayon 131 universitas cendarawasih tahun 2011,saya sampai capek cari koq g ada. kasihan nich teman-teman sudah pada tanya.trims

  12. kapan info buat uncen??????????????????????

  13. ima

    pa kalau masa kerja 5 tahun lima bulan bisa ga daftar calon sertifikasi guru 2012.terimakasih

  14. Saprudin

    Pak, nama saya sudah terdaftar pada calon peserta sertifikasi 2012. Untuk PLPG-nya dimulai pada tanggal berapa? Terima kasih

  15. RAMLI

    gimana ya pak cara nya ujian on line bagi yg uda lulus ….

  16. RAMLI

    tolong ya pak informasikan, tentang perkembangan pelaksanaan ujian nasional sekarang, and klau bisa emaikan ke alamat sekolah saya seperti yang tertera pada alamat email.

  17. mengapa ada diskriminasi terhadap teman2 yg honor di sekolah negeri, padahal mereka jg ngajarnya sama dgn yg swasta, bahkan d beberapa daerah meraka tak diberi gaji/honor baik itu dari sekolah apalagi dari pemda setempat, mereka tetap bertahan hanya dgn harapan akan di angkat menjadi PNS walau entah sampai kapan?

  18. bagaimana dengan guru yang belum serjana tetapi sudah kuliah dan sekarang sudah semester 5 usia 45 tahun golongan 2b masa kerja 17 tahun apa sudah sertifikasi atau belum………….?

  19. Jamian

    NUPT : 4734753655200002
    NIP : 19750402 199703 1 006
    Usia : 36 Tahun
    Pendidikan S1 Tamat Desember 2009
    Tempat Tugas : SD Daerah Terpencil
    Jumlah guru hanya 3, lebih dari 24 jam efektif per minggu kami bekerja.
    apa yang kurang dengan spesifikasi saya sehingga belum termasuk sebagai daftar calon peserta tahun 2012. Bingung jadinya?

  20. anuwaruddin

    saya kogak di ikut kan sertivikasi ya???????????????

  21. Maaf katanya bagi non PNS kalau ikut sertifikasi maka tdk bisa jd PNS, benar begitu?

  22. BLOG UNTUK MENDAFTAR SERTIVIKASI DIMANA KAWAN

  23. BAMBANG SARDANI

    tanya jadwal plpg ips rayon 131 uncen jayapura, mohon balas

  24. andi

    Andy koba
    Guru disemangati dengan julukan pahlawan tanpa tanda jasa, dibalik itu semua Guru tak ubahnya kuli bangunan, mbangun membentuk dan mengarsitek sehingga menjadi indah, hanya mengharapkan upah yg telah digariskan sangat minim pangkat jendral gaji kopral sertipikasi adalahbentuk jajahan yang halus jika ingin memberi jangan dipekerja rodikan, trim’s

  25. lyssa, ST,MM

    CARA JITU CEPAT LULUS TES TPA Oto BAPPENAS, PSIKOTES, TOEFL UJIAN SARINGAN MASUK CPNS/BUMN, S2 (PASCA SARJANA) UI,UGM,UNPAD, ITB,STAN, UI INTERNATIONAL (PASTI BISA)
    SPESIALIS PELATIHAN TPA/PSIKOTES/ TOEFL UI,UGM,UNPAD, ITB,STAN,UI INTERNATIONAL
    Ijin no:3789/PLSM/ I-133/VII/ 1995

    CARA JITU, CEPAT LULUS TES TPA, PSIKOTES &TOEFL (PASTI BISA)!
    Kami adalah Spesialis pelatihan TPA (Test Potensi Akademik)/PSIKOTES dan TOEFL memberikan pelayanan jasa pelatihan TPA dan TOEFL. Adapun pelatihan TPA, PSIKOTES dan TOEFL merupakan persyaratan Mutlak bagi Bapak/Ibu guna untuk mengikuti:
    – Tes Kenaikan Jabatan / Pangkat untuk CPNS dan BUMN
    – Tes untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang S1,Pasca Sarjana S2 untuk UMUM.
    – MEMBANTU REKAN-REKAN MAHASISWA/UMUM AGAR LULUS PSIKOTES DAN WAWANCARA KE PERUSAHAAN OIL AND GAS, BANK- BANK,CPNS, SERTA PERUSAHAAN MULTI NASIONAL LAINNYA DI SELURUH INDONESIA(SUDAH TERBUKTI).
    Note:
    – Biaya Belajar di Bayar di Muka

    HUBUNGI KAMI di:
    LYSSA,ST,MM / 021.71136838/ 0813 1879 2677
    Wisma Metropolitan 2,World Trade Centre, Jl. Jendral Sudirman,Jakarta

Tinggalkan komentar