Gaji Guru Paling Rendah Rp 2.654.000 Pada Tahun 2011


Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah Wahyudin Noor Aly mengkhawatirkan rencana kenaikan gaji pegawai negeri sipil pada 2011, akan memicu kenaikan harga berbagai kebutuhan pokok masyarakat. “Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidato kenegaraan 16 Agustus lalu telah menyampaikan rencana kenaikan penghasilan aparat pemerintahan pada tahun 2011,” kata Wahyudin di Semarang, Jumat.

Menurut dia, terdapat dampak psikologis di masyarakat yang berkaitan dengan setiap kali disampaikan rencana kenaikan gaji oleh pemerintah.

Ia menjelaskan, sebelum rencana kenaikan gaji aparat pemerintah ini terealisasi, dipastikan akan terjadi lonjakan berbagai harga kebutuhan pokok di masyarakat.
Akibatnya, lanjut dia, justru masyarakat sendiri yang akan menjadi korban dari kondisi tersebut.

“Harga-harga sudah akan naik lebih dahulu, sementara daya beli masyarakat tidak bertambah,” kata politikus Partai Amanat Nasional.

Kondisi ini, kata dia, tidak sejalan dengan program pemerintah yang akan berupaya untuk menekan angka kemiskinan. “Kenaikan harga berbagai kebutuhan pokok akan semakin menghimpit masyarakat,” tambahnya.

Oleh karena itu, menurut dia, ke depan pemerintah tidak perlu mengumumkan rencana kenaikan gaji aparat pemerintahan ke masyarakat, untuk meminimalisasi dampak psikologis yang mungkin terjadi. Ia menuturkan, kenaikan penghasilan ini dapat dilakukan secara otomatis, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Selain itu, ia juga mengharapkan pemerintah menyiapkan alternatif jalan keluar untuk menghadapi kemungkinan terjadi lonjakan harga komoditas tersebut. “Dampak dari kenaikan harga ini harus mampu diimbangi pemerintah dengan berbagai program yang telah disiapkan,” katanya.

Sebelumnya, Pemerintah berencana menaikkan batas minimum gaji pegawai negeri terendah yang sebelumnya Rp 1.895.700 menjadi Rp 2 juta, sedangkan khusus bagi guru dengan pangkat terendah, pendapatannya meningkat dari Rp 2.496.100 menjadi Rp 2.654.000.

Selain pegawai negeri, pemerintah juga berencana menaikkan gaji anggota Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian dengan pangkat terendah dari Rp 2.505.200 menjadi Rp 2.625.000.

Dicopas dari Republika.co.id

Iklan

7 Komentar

Filed under PNS

7 responses to “Gaji Guru Paling Rendah Rp 2.654.000 Pada Tahun 2011

  1. Ultra

    Amiiin…smga bukan hanya planing sajaaa, akan tetapi realita yang bnr2 terwujud.

  2. Ultra

    Setuju..smga bukan hanya planing, melainkan suatu kenyataan yang benar2 terwujud.Amiiin.

  3. MOHON SEGERA DIREALISASIKAN YA PAK?

  4. th 2011 sdh bln ke 9 trus kpn itu realisasinya ? klo aku se-7 tnpa info tp rekening nambah , gmn ? cantik to ? yg pasti g bikin heboh warga ! bukan bgt pak noor aly ? salam tuk smua pns di nusantara , yok kita ngimpi dl !

  5. atokalan

    he..he…….masih ngantuk……………

  6. saya guru gol 3b gaji ku masih 2210400, apalagi golongan terendah
    mana realisasinya. sekarang uda mau masuk 2012
    Janji, Janji dan Janji

  7. umiyati

    amin….tambah semangat nih kerjanya lo gaji naik…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s