Inilah 463 Peta Lokasi Harta Karun Dari Kapal Karam di Indonesia


Pemerintah baru sanggup memetakan sekitar 500 titik situs kapal karam di seluruh Indonesia. Padahal dari catatan sejarah, ada puluhan ribu kapal yang berlayar menuju perairan Indonesia.

Hal ini mengemuka dalam ‘Seminar Warisan Budaya Bawah Air : Apakah Harus Dilelang?’ yang berlangsung di Museum Nasional, Rabu (3/8) pagi. Dirjen Sejarah dan Purbakala Kementerian Pariwisata dan Budaya, Harry Oentoro Dradjad, mengatakan pemerintah baru memetakan 463 titik kapal karam.

Sementara dari sejumlah dokumen sejarah lintas negara, perairan Indonesia merupakan jalur perdagangan internasional. ”Sejarawan Cina menyatakan ada catatan sebanyak 30 ribu kapal Cina yang meninggalkan pelabuhan tapi tak pernah kembali. Diperkirakan kapal-kapal itu karam di wilayah Asia Tenggara,” ungkap Harry.

Data dari Unesco menyebutkan ada lima juta titik situs bawah air di seluruh dunia. Lokasi terbanyak ada di Asia Tenggara. Data Unesco juga mengungkapkan, ada 500 titik situs kapal karam di Indonesia.

Harry mengatakan, pemerintah terus berusaha mendata situs bawah air. Dalam revisi UU Benda Cagar Budaya yang saat ini tengah berlangsung, pemerintah memasukkan aset bahari dalam cagar budaya. Pemerintah juga akan melibatkan lebih serius pemerintah daerah untuk mengelola aset bahari.

Dicopas dari Republika.co.id

 


Jika Anda Menyukai Artikel ini Mohon KLIK DISINI dan sebarkan pada yang lain melalui jejaring di bawah ini

15 Komentar

Filed under Peta

15 responses to “Inilah 463 Peta Lokasi Harta Karun Dari Kapal Karam di Indonesia

  1. rajak

    wow….makin terobsesi ane untuk mencari harta karun……….
    😀

  2. axel

    mantap infonya

  3. uuk

    seandainya saja saya bisa menggali salah satunya…..

  4. oka jz

    wah berez…

  5. Jagoan

    Wah boleh nih kalo harta karun yg gampang di cari… Ikutan ah…

  6. gwu gitu loh

    ahh…sudah telambat udah di ambil tomy soeharto tu

  7. juragan

    hanya orang luar yang bisa explor…. kita mah jadi penonton…. gak ada modal cing…

  8. seandainya saya mendapat kan harta karun

  9. Memang benar harta itu semue ada tapi pemerintah kayak apa yg bisa diajak saling percaya? Lebih baik kusimpan saja baik2,, sampai waktunya? Baru tampil,,

  10. gw punya satu lokasi.penimbunan emas batangan di perkirakan seberat 80.000 ton.ada di daratan.sampai sekarang aman.pemilik awal inisial a.h.si diktator.adanya di pulau x.lengkap sama jasad prajurit nya.sudah 20 th sama saya.setahun sekali saya kesana ambil jatah.he..he..he..percayakah anda?

  11. lanon kepri

    kebanyak harta karun yang ada di kepri tebatnya bintan yg bermain pemerintah setempat di jual ke pihak asing,asal tahu 1 titik lokasi harta karun 1milyar itu yg di bayar perusahan pt.cosmic baru-baru ini

Tinggalkan komentar