Ulang Tahun di Rumah Sakit


Oleh : Syamsuddin

Peristiwa ini terjadi sewaktu aku tinggal di sebuah asrama pelajar di Jogjakarta. Hari itu tanggal 5 September 1991, aku pulang ke asrama sekitar pukul delapan malam. Ketika masuk, secara tiba-tiba seorang kawan ‘menangkap’ku dari belakang, dan kulihat beberapa orang lagi mengejar ke arahku. Aku langsung mengerti gelagat mereka, dan aku ingat kalau di fotocopy kartu identitas yang dikumpulkan pengurus asrama, tanggal lahirku 5 September. Dan memang sudah menjadi kebiasaan di asrama itu, bagi yang ulang tahun akan diceburkan ke kolam taman. Dengan satu sentakkan aku berhasil melepaskan diri, dan lari ke halaman lewat pintu samping, dan semua teman-teman mengejarku. Maka terjadilah kejar-kejaran yang seru.

Aku mengerahkan segenap kekuatanku untuk berlari sambil sesekali berkelit mengelakkan tangkapan mereka, sampai akhirnya aku tak tahu apa-apa lagi……………

Menurut seorang saksi mata yang layak dipercaya, karena dia juga ikut mengejarku, dalam ceritanya beberapa waktu kemudian : tiba-tiba aku terjatuh, lalu aku diangkat beramai-ramai dan dibaringkan di kolam taman yang kedalamannya sekitar empat puluh centimeter. Biasanya setiap orang yang dimasukkan ke kolam akan langsung berdiri untuk menarik dan menyirami orang-orang yang mengangkatnya. Tetapi aku malah langsung tenggelam sampai kepala, tanpa bergerak sedikitpun, seraya di hidungku keluar gelembung-gelembung udara. Setelah aku dikeluarkan lagi, baru mereka tahu kalau aku sedang pingsan!

Karena tak juga siuman setelah diberikan pertolongan pertama, akhirnya aku dibawa ke Unit Gawat Darurat RSUD. Aku sadarkan diri setengah jam kemudian. Menurut dokter aku tidak apa-apa, hanya karena kelelahan dan tenaga yang diforsir. Dan aku diperbolehkan pulang.

Sebelum aku turun dari tempat tidur rumah sakit itu, beberapa orang temanku datang membawa kue yang ada lilinnya, dan mendaulat diriku untuk meniup lilin tersebut dengan diiringi tepuk tangan dan alunan lagu ‘Selamat Ulang Tahun’ oleh teman-teman, seorang dokter dan beberapa orang perawat.

Sewaktu mengucapkan terimakasih, aku langsung berterus terang : “Sebenarnya aku tidak berulang tahun hari ini. Tanggal lahir yang ada di STTB, Akte Kelahiran dan Kartu Identitas lainnya itu hanya rekaanku saja, karena sewaktu aku akan tamat Sekolah Dasar aku harus punya tanggal kelahiran, sementara orang tua-ku hanya mengatakan aku lahir pada hari Sabtu jam sembilan pagi sewaktu tetangga yang di belakang rumah pulang mandi dari pancuran.”

“Tapi kenapa harus ‘5 September’?” tanya salah seorang yang hadir.

“Hanya karena aku ingin berbintang Virgo, sebab waktu kelas VI SD itu aku mengira bintang itu boleh dipilih, sementara aku menyukai gambar zodiak Virgo yang kutemui di majalah bekas.”

Semenjak kejadian itu sampai aku keluar asrama empat tahun kemudian, aku tak pernah lagi dapat jatah ‘nyebur’ ke kolam setiap 5 September, mungkin mereka beranggapan kurang afdol untuk memperingati hari kelahiran yang dibuat-buat.

Foto : By D’Chunk L-D


Jika Anda Menyukai Cerita ini Mohon KLIK DISINI

Postingan Terkait :

2 Komentar

Filed under Humor

2 responses to “Ulang Tahun di Rumah Sakit

  1. iin syah

    Wah, kisah yang seru hihi
    tapi kasihan sampai masuk RS.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s